Istilah Chiropractic

Chiropractic ditemukan pada tahun 1895. Dan dengan berdasarkan ilmu pengetahuan yang membuktikan bahwa sistem saraf mengontrol fungsi setiap sel tubuh, organ dan sistem tubuh, maka chiropractor memusatkan perhatian kepada sistem saraf secara menyeluruh. Otak dan saraf tulang belakang (spinal cord) dilindungi oleh tengkorak dan tulang belakang. Sehingga kalau pergerakan salah satu dari sendi tulang belakang berkurang maka akan mengiritasi sistem saraf, iritasi ini akan menyebabkan penurunan suplai neuron ke jaringan dan organ.

Hal ini mengakibatkan fungsi jaringan dan organ yang tidak optimal. Dengan contoh otot yang berkembang tidak simetri, otot yang cepat lelah (fatigue). “Penurunan fungsi saraf” ini dinamakan: “Vertebra Subluxation Complex” (Subluksasi adalah dimana sendi tulang yang tidak bergerak dengan normal).

Bagaimana kita tahu bahwa sendi tubuh berkurang pergerakannya?

- Postur tubuh yang asimetri, seperti pundak atau pinggang yang tidak sama tingginya.
- Leher yang kaku/tegang.
- Rasa sakit atau rasa kaku pada tubuh.
- Sakit pada posisi tertentu atau pada waktu melakukan gerakan tertentu.
- Sakit pada pagi hari atau terasa sakit walaupun sudah beristirahat cukup lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>