Adjustment (Koreksi) Chiropractic

Adjustment (Koreksi) Chiropractic

Dokter chiropractic melakukan pemeriksaan yang seksama untuk mengetahui fungsi sendi/pergerakan, fungsi otot & saraf. Jika dari pemeriksaan menunjukkan adanya subluksasi (sendi yang bergerak tidak normal) maka perlu diadakan koreksi chiropractic.

“Koreksi” adalah membantu tulang dan sendi ke posisi normal, menormalkan gerakan dan menghilangkan iritasi yang kadang menyebabkan sakit dan malfungsi dari organ bila didiamkan terlalu lama.
Ada banyak cara untuk mengadakan “koreksi” tulang belakang. Dokter chiropractic menggunakan tangan atau alat yang didesain khusus untuk mengkoreksi sendi yang bersangkutan. Dokter chiropractic juga menyesuaikan teknik yang digunakannya dengan usia pasien serta tergantung kasus yang ditanganinya. Koreksi membantu menormalkan fungsi tulang belakang dan menghindari kerusakan jaringan di kemudian hari. Dan jika fungsi saraf kembali normal, ini akan membantu tubuh untuk menyembuhkan dengan sendirinya (self healing).

Penyebab subluksasi

-  Posisi tidur, duduk atau berdiri yang tidak benar.
-  Proses kelahiran.
-  Trauma/kecelakaan.
-  Mengangkat barang dengan posisi yang tidak benar.
-  Olahraga yang tidak sesuai.

Subluksasi tidak selalu menyebabkan rasa sakit pada mulanya, dan biasanya orang tidak menyadarinya dan tidak perduli dengannya. Tetapi subluksasi itu akan menimbulkan kerusakan tubuh yang lebih besar dan pada saat itulah baru orang tersebut merasa sakit.

Dari penelitian diketahui bahwa tubuh punya cara untuk menyembuhkan secara natural (sendirinya). Dengan mengkoreksi sistem tubuh yang tidak benar (dalam hal ini sendi dan saraf) maka akan memungkinkan tubuh bekerja secara optimal.

Kapan seharusnya ke dokter chiropractic?

Apabila anda mengalami :

- Sakit kepala terutama di sekitar tengkuk dan dahi.
- Sakit pinggang, baik yang menjalar sampai ke kaki atau tidak.
- Sakit di tubuh anda yang tidak ada diagnosanya.
- Kesemutan dan baal (hilang rasa) yang berlangsung lama dan terus menerus.
- Nyeri di sekitar bahu dan bahu bagian belakang.
- Migrain (sakit kepala sebelah).
- Masalah di persendian tulang punggung.
- Nyeri di lengan dan kaki.
- Sciatica (nyeri/kaku di daerah pantat).
- Perut kembung dan sembelit pada anak-anak.
- Kerusakan pada persendian.
- Problem mengompol pada anak-anak.
- Lutut sakit.
- Pencegahan epilepsi pada bayi yang dilahirkan dengan bantuan alat vacuum.

Ini menandakan adanya gangguan fungsi saraf perasa. Dan masih banyak masalah kesehatan yang lain yang bisa dibantu dengan koreksi chiropractic ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>